Desa Bulangan Barat Bersama Puskesmas Pegantenan Lakukan Musyawarah Masyarakat Desa (MMD)

bulanganbarat.com – Dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, Pemerintah Desa Bulangan Barat menggelar MMD bersama Puskesmas Pegantenan, Bulangan Barat 1-11-2019.

Acara tersebut bertempat di balai desa dengan jumlah peserta 22 dari perwakilan berbagai unsur masyarakat, mulai dari kepala desa, bidan desa, ketua BPD (Badan Permusyawaratan Desa), kaur, pamong, karang taruna, kader, tokoh masyarakat dan tokoh agama.

Pihak Puskesmas Pegantenan, Moh. Zaini selaku pemegang program promo kesehatan memaparkan tentang hasil survey mawas diri yang di sebarkan ke masyarakat oleh kader pada saat sebelum pelaksanaan MMD dengan metode penyebaran kuesioner.

Baca Juga : Desa Bulangan Barat ikuti lomba taman Posyandu dan Rumah PHBS.

Adapun hasil survey mawas diri tersebut salah satunya yaitu 1. Masih tingginya masalah penemuan ibu hamil resiko tinggi 2. Masih adanya persalinan yang di tolong oleh ibu dukun.

Berdasarkan hasil musyawarah bersama, bapak kepala desa akan membuatkan Perdes tentang persalinan yang di tolong oleh ibu dukun, kemudian di lanjutkan dengan sosialisasi kepada ibu dukun beserta masyarakat khususnya ibu hamil, kunjungan rumah ibu hamil oleh kader madubusiti bersama ibu bidan desa, PMT untuk ibu hamil dll.

     

     

     

Foto saat Musyawarah Masyarakat Desa. Foto: Arisandi/bulanganbarat.com

Siti Noer Asiseh selaku bidan desa setempat menerangkan tentang tingginya ibu hamil resiko tinggi pada tahun 2019 ini dikarenakan aktifnya kader madubusiti yang membantu kinerja bidan untuk jemput bola serta tingkat pengetahuan masyarakat yang masih rendah tentang resiko ibu hamil.

“Tingginya angka ibu hamil resiko tinggi pada tahun 2019 ini salah satunya di sebabkan oleh kader madubusiti yang selalu siaga mencari dan membantu mengawasi ibu hamil dan insyaallah kami di bidang kesehatan aparat desa dan kader akan melaksanakan sosialisasi tidak hanya sekedar sosialisasi melainkan membicarakan dari hati ke hati”. Ujarnya saat di temui oleh Tim Humas usai acara.

Baca Juga : Bidan Desa Bulangan Barat Rutin Gelar Posyandu Balita

Moh. Zaini dalam pidatonya mengucapkan banyak terimakasih dan mengajak para tamu undangan untuk makan bersama sebagai tanda Puskesmas Pegantenan berbaur dari hati ke hati dengan aparat dan masyarakat desa,

“Saya mengucapkan banyak terimakasih terhadap semua masukan, masukan yang sangat menarik dan bagus ini akan saya giring ke puskesmas untuk kami bicarakan bersama kepala puskesmas beserta tim dan sebagai tanda bersatunya puskesmas dan aparat desa. Mari kita tandai dengan makan bersama”.

Reporter: Siti Noer Asiseh

Editor: Ardy Kholify Suhud

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *