Bulangan Barat Rutin Gelar POSBINDU

bulanganbarat.com – Kepedulian akan kesehatan oleh Pemerintah Desa Bulangan Barat dibuktikan dengan program kesehatan melalui Pondok Bersalin Desa (Polindes) Pelangi. Progam itu diberi label Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu). Program ini dijalankan sekali dalam satu bulan.

Kali ini, Posbindu dilaksanakan bertempat di rumah salah satu perangkat desa di Dusun Umbaran (Dusun Barat), Senin (17/2/2020).

Baca Juga : Ketua TPKK Desa “Istighosah Bersama” Agar Terhindar Dari Penculikan Anak Dan Virus Corona

Kegiatan tersebut meliputi pendaftaran, pengukuran tinggi badan, pengukuran berat badan dan lingkar perut. Kemudian dilanjutkan pemeriksaan tekanan darah, pemeriksaan berbasis laboratorium seperti gula darah, kolestrol dan asam urat. Tahap akhir dilakukan pengobatan dan penyuluhan.

Bidan Desa, Noer Azizah, selaku penanggungjawab Polindes Pelangi bekerjasama dengan pemegang program Posbindu dari Puskesmas Pegantenan setiap bulannya.

   

   

Foto Kegitan Desa Bulangan Barat Rutin Gelar POSBINDU. Foto: Arisandi/bulanganbarat.com

Sasarannya yaitu seluruh masyarakat desa bulangan barat dari usia 15 tahun ke atas. Untuk memenuhi capaian yang maksimal maka kegiatan tersebut diadakan secara bergantian dari dusun satu ke satunya.

Baca Juga : Putra Desa Bulangan Barat Resmi DiLantik Jadi DPRD Pamekasan

Kegiatan tersebut berjalan lancar terbukti dengan jumlah peserta yang hadir melebihi 50 peserta, mulai dari usia 15 tahun hingga yang berusia 90 tahun. Hal ini membuktikan bahwa masyarakat Dusun Umbaran semangat untuk hidup sehat.

Erlinawati selaku bidan pemegang program posbindu berharap, dusun yang lain juga bisa seperti Dusun Umbaran.

“Semoga dusun yang lain semangatnya juga luar biasa sehingga dengan mudah dapat menditeksi penyakit secara dini,” pungkasnya

Mukri selaku tuan rumah mewanti-wanti masyarakat di wilayahnya untuk hadir semua tepat pada waktunya.

“Sudah saya umumkan lewat loudspiker bahwa hari ini akan ada kegiatan pemeriksaan gratis, jadi meskipun lagi di sawah saya suruh istirahat dulu untuk memeriksakan kesehatannya,” ujar perangkat desa yang akrab disapa Jaka Umbaran tersebut.

Reporter: Siti Noer Asiseh

Editor: Gafur Abdullah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *