Pemdes Bulangan Barat Support Warganya yang Berternak Ikan

bulanganbarat.com – Desa Bulangan Barat merupakan desa yang baru saja berkembang, pasalnya masyarakat khususnya kaum laki-laki sebagian besar bekerja sebagai pembudi daya ikan.

Adapun jenis budidaya ikan di Desa Bulangan Barat yaitu ikan lele dan gurame, dimana hampir di setiap dusun rata-rata memiliki budidaya ikan air tawar.

Salah satu bagian dari visi kepala Desa Bulangan Barat Surahman yaitu untuk meningkatan perekonomian masyarakat setempat dan mendongkrak pendapatan asli desa, dengan itu Surahman selalu memotivasi dengan memfasilitasi segala kebutuhan para pembudidaya lele.

Baca Juga : Ajak Masyarakat Raih Syafaat dan Barokah, Desa Bulangan Barat Gelar Selawat Bersama

Selain memfasilitasi berupa kolam, pakan dan bibit, Kepala Desa Bulangan Barat juga membantu memfasilitasi berupa sertifikat tanah secara gratis khusus para pembudiya lele.

     

     

Foto Pemdes Support Warganya yang Berternak Ikan. Foto: Arisandi/bulanganbarat.com

Pemerintah Desa Bulangan Barat bekerja sama dengan pihak Dinas Perikanan sejak tahun 2018 lalu, selain diberikan pendampingan, para pembudidaya mendapatkan sertifikat secara gratis pada tanggal (26/02) yang bertempat di dusun barat tepatnya dikolam pancing milik desa.

Dengan di hadiri langsung oleh Plt Dinas Perikanan serta para penyuluh, para babin, para aparatur desa dan di saksikan oleh sebagian tokoh dan masyarakat setempat, acara penyerahan sertifikat tersebut di berikan secara simbolis sebanyak 50 sertifikat.

Baca Juga : Pertemuan Kader Kelas Ibu Hamil Desa Bulangan Barat

Dalam acara tersebut juga dihadiri oleh pihak perbankan yakni BPR Jatim dan BPJS Ketenagakerjaan dengan tujuan agar para pembudidaya lele mendapatkan kemudahan, khususnya dalam permodalan dengan suku bunga yang relatif rendah

Ajib Abdullah ST, M.Si selaku Plt Dinas Perikanan berharap usaha Pemerintah Desa Bulangan Barat tak cukup sampai disini,

” saya acungkan jempol untuk Kepala Desa seperti bapak Surahman yang masih muda yang inofatif,kreatif dan efektif, saya harap kerjasama ini bisa berlanjut”. Pungkasnya

Surahman berharap para pembudidaya harus lebih kreatif lagi misal lele di olah jadi naget lele bisa jadi krepek lele dll,

“Termasuk juga dalam sistem pengeloannya misal kolam lele dijadikan sebagai aqua phonek ini akan lebih meningkatkan penghasilan bagi pembudidaya,insyaallah kami siap mengadakan pelatihan tentunya akan bekerja sama dengan Dinas Perikanan,”

Ujar pria yang akrab disapa H. Faisol tersebut.

Reporter: Siti Noer Asiseh

Editor: Ardy Kholify Suhud

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *