KKN Back to Village, Upaya Mewujudkan Desa Surga di Tengah Pandemi Covid-19

bulanganbarat.com – Pamekasan (01/07/2020), Penerjunan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Bulangan Barat Kecamatan Pegantenan Kabupaten Pamekasan dilaksanakan secara daring dengan diikuti oleh seluruh peserta “KKN Back to Village”, Sejumlah Perangkat Desa, Tim Lembaga Pengabdian dan Penelitian Masyarakat (LP2M) serta Civitas Akademika Universitas Jember (UNEJ). Acara kuliah umum dan penerjunan “KKN Back to Village” mengusung tema “Upaya Mewujudkan Desa Surga Melalui Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mahasiswa Universitas Jember di Era Pandemi Covid-19”. Dalam hal ini KKN diikuti oleh kurang lebih 4000 Mahasiswa UNEJ yang tersebar di seluruh pelosok negeri bahkan hingga ke mancanegara. Kuliah umum dan penerjunan mahasiwa dilakukan melalui perantara Platform Sosial diantaranya: Zoom Meeting, Youtube Streaming dan Facebook.

Pada saat sesi sambutan, Iwan Taruna, Rektor Universitas Jember, menyatakan Mahasiswa Unej yang mengikuti “KKN Back to Village” diharapkan dapat menghasilkan suatu kontribusi positif terhadap pembangunan desa. Pada kegiatan KKN ini mahasiswa yang kembali ke desanya diharapkan tetap dapat mengamalkan salah satu pilar perguruan tinggi, yaitu pengabdian kepada masyarakat. mengabdikan diri dari Tridharma Perguruan Tinggi. Dalam situasi covid-19 ini mahasiswa diharapkan mampu mencari solusi ditengah kesulitan para pelaku UMKM. Adapun tema tematik yang diusung oleh Mahasiswa yang mengikuti KKN Back to Village ialah program pemberdayaan wirausaha masyarakat/ UMKM terdampak Covid-19.

Baca Juga : Launching Kampung Tangguh Dalam Menangani Covid-19

Samsul Widodo, Direktorat Jenderal Pembangunan Daerah Tertinggal Kementerian Desa, mengatakan dalam kuliah umum dan penerjunan Mahasiswa Unej “KKN Back to Village” bahwanya permasalahan yang ada di desa meliputi rendahnya skala ekonomi, lemahnya akses ke pasar, jalur distribusi yang panjang, rendahnya sarana pasca panen, dan kesulitan permodalan. Samsul berharap melalui pemulihan ekonomi semua harus bergerak berrsama sehingga bagaimana produk di desa dapat dikenal luas. Mahasiswa juga diharapkan dapat berperan aktif dalam membantu masyarakat desa agar mereka dapat melewati masa pandemi covid-19 ini, yaitu melalui potensi krisis ekonomi. Jangan sampai masyarakat sehat tapi ekonominya terpuruk. sebaliknya, ekonominya membaik tapi kesehatan masyarakat yang  terancam. “Kami berharap Mahasiswa bisa menggandeng potensi yang ada, banyak orang yang mempunyai keahlian dan saat ini menganggur sehingga kembali ke desa.” Ungkapnya.

Foto penerjunan mahasiswa KKN secara virtual. Foto: Noval/bulanganbarat.com

Mahasiswa diharapkan untuk bisa mengajak dan berkontribusi bersama-sama untuk membangun desa mereka. Mahasiswa yang mempunya keahlian dan pengalaman selama belajar di Unej, sehingga hal tersebut diharapkan dapat memberi dampak positif bagi kemajuan desanya. Dengan cara mendorong poduksi di level desa. Bagaimana agar desa mampu memproduksi dengan baik, barang maupun jasa. Sehingga muncul pekerja dan produksi bisa dipasarkan. Terlebih di era modern seperti sekarang ini semua bisa menggunakan media baik melalui social media maupun platform jual beli online.

Baca Juga : Upaya Pemdes Bulangan Barat Dalam Memberikan Bantuan Ditengah Pandemi

Diakhir acara dilakukan penyematan pelepasan mahasiswa KKN oleh Rektor Universitas Jember yang didampingi oleh Sekretaris Satu LP2M dan Koordinator Pusat LP2M, secara simbolik melalui dua perwakilan mahasiswa dengan tetap memperhatikan protokol Kesehatan. Dalam sambutan yang kedua, Iwan Taruna menyampaikan “KKN Back to Village” memiliki beberapa keunikan, diantaranya mahasiswa melaksanakan kegiatan didaerahnya sendiri. Keduanya didominasi secara daring dengan topik tertentu. “Selamat bertugas, selamat menjalankan KKN, rajin-rajinlah berkoordinasi dengan DPL (red: Dosen Pembimbing Lapang) dan pengolala” tegasnya diakhir sambutan. Kemudian diakhir sambutan, Iwan Taruna, memberikan kesempatan kepada Samsul Widodo untuk melepas  secara resmi pemberangkatan Mahasiswa “KKN Back to Village”.

Surahman, Kepala Desa Bulangan Barat turut hadir dalam penerjunan mahasiswa KKN Unej ini. Dalam hal ini beliau berharap dengan adanya “KKN Back to Village” dapat membantu pelaku UMKM yang berada di wilayahnya terkhusus di Desa Bulangan Barat untuk bisa berkembang dan berinovasi. “Saya berharap semoga mahasiswa dapat mendampingi UMKM begitupun sebaliknya terkhusus dalam perizinan SIUP (red: surat izin usaha perdagangan), dan pemasaran produk melalui e-comers”. Ungkapnya.

(Ardy Kholify Suhud/KKN47/Pamekasan/Ana Nistiandini)

Editor : Muslimatul Fajriyah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *