Kepala Desa Bulangan Barat Raih Penghargaan Kategori Kepala Desa Terbaik Nasional 2020

bulanganbarat.com – Dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, kepala Desa Bulangan Barat beserta perangkat desa dan kader, dengan dibimbing oleh pemegang program kesehatan lingkungan Puskesmas Pegantenan yaitu bapak Salman membuat inovasi dengan memanfaatkan limbah plastik menjadi alat cuci tangan sederhana.

Surahman panggilan akrab kepala Desa Bulangan Barat langsung mempraktikkan dan mengajarkan masyarakatnya untuk membiasakan hidup sehat serta mewajibkan untuk selalu mencuci tangan. Untuk menunjang agar masyarakat membiasakan mencuci tangan, surahman memberikan bantuan berupa botol Aqua yang telah di modifikasi menjadi alat cuci tangan dan mengajarkan 7 langkah mencuci tangan secara benar dan tepat.

Baca Juga : Penyaluran Bantuan Sosial Beras (BSB) Berjalan Kondusif

Melalui berbagai konsultasi dan bimbingan secara langsung dari pihak Puskesmas Pegantenan, akhirnya alat tersebut resmi di launching dan dibagikan  ke seluruh rumah di desa tersebut. Hal ini tentunya membawa semangat masyarakat untuk membiasakan diri hidup bersih dan sehat. Inovasi tersebut kemudian dilirik oleh pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Pamekasan dan mendapatkan dukungan dengan memberikan bantuan berupa botol Aqua.

Karena dirasa inovasinya cukup bermanfaat, akhirnya pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Pamekasan bersama pihak Puskesmas Pegantenan mengikut sertakan dalam kegiatan lomba STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat) award 5 pilar kategori kades terbaik Nasional 2020 dengan program inovasi CTPS (Cuci Tangan Pakai Sabun) dari limbah plastik. Setelah melalui serangkaian penilaian, usaha yang dilakukan pemerintah Desa Bulangan Barat untuk membuat masyarakat hidup sehat dan bersih membuahkan hasil. Usaha yang dilakukan selama ini, akhirnya kepala Desa Bulangan Barat meraih penghargaan berkat inovasi yang dilakukannya.

Pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Pamekasan memberikan bukti penghargaannya berupa trophy yang di serahkan secara langsung kepada Surahman. Penghargaan yang diberikan

Baca Juga : Gerakan Peduli Kesehatan Terhadap Para Penerima Bantuan KPM PKH (Keluarga Penerima Manfaaat)

dihadiri langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan bersama jajarannya, serta seluruh kepala puskesmas se Kabupaten Pamekasan. Kegiatan tersebut berlangsung di aula dinas kesehatan pada tanggal 12-12-2020.

Surahman merasa terharu dan sangat bahagia, “Penghargaan ini ku persembahkan untuk seluruh perangkat, kader serta masyarakat ku,”. Tuturnya kepada awak media. Selanjutnya, Sri Suharnik selaku Kepala Puskesmas Pegantenan mengucapkan selamat atas prestasi yang diterima, “Selamat untuk kepala Desa Bulangan Barat, teruslah berinovasi dan berkarya menuju Indonesia sehat. Kami selalu siap mendukung”. Pungkasnya

Disisi lain, Salman selaku pemegang program kesehatan lingkungan akan terus mensupport,

“Insyaallah saya selalu siap untuk selalu mensuport dan membantu menciptakan inovasi inovasi terbaru yang lebih bermanfaat”. Tuturnya

Reporter: Siti Noer Asiseh

Editor: Ardy Kholify Suhud

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *