Memulai Hidup Sehat Melalui Pemanfaatan Toga (Tanaman Obat Keluarga)

bulanganbarat.com – Pemerintah Desa Bulangan Barat di bawah kepemimpinan H. Faisol menciptakan berbagai kader yang diperuntukkan untuk meningkatkan derajat kesehatan dan perekonomian masyarakat.

Salah satu kader yang di maksud adalah kader toga.

Adapun jumlah kader toga di Desa Bulangan Barat yaitu sebanyak 15 orang dan terdiri dari kaum wanita.

Di bawah binaan Puskesmas Pegantenan, kader tersebut di didik dan dilatih untuk menciptakan berbagai olahan obat – obatan tradisional keluarga.

Baca Juga : Himbauan Pemerintah Desa Bulangan Barat Menghadapi Hari Lebaran

Kegiatan kader toga yang di dampingi oleh Bidan Desa Bulangan Barat bersama Ibu Ketua TPPKK (Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga) secara bersamaan menanam berbagai tanaman toga di kediaman kader toga Intan untuk nantinya jika sudah panen, akan dikelola menjadi berbagai ramuan obat, Selasa (11-5-2021 ).

Adapun jenis tanaman toga yang di maksud diantaranya adalah pohon kunyit kuning, kunyit putih, jahe kuning, jahe putih, sirih merah, sirih hijau, sirih kuning, temu lawak, temu ireng, kencur, lengkuas, insulin, sambiroto, mahkota dewa, kumis kucing, sirsak, alpukat, kopi, kemangi, serreh, delima, mengkudu, dll.

Hj. Ernawati selaku Ibu Ketua TP-PKK  yang juga merupakan Ibu Kepala Desa Bulangan Barat berharap tanaman obat keluarga bisa bermanfaat, “semoga tanaman ini bisa menjadi penolong pertama keluarga dikala sakit sebelum dibawa ke fasilitas kesehatan,” tuturnya kepada awak media humas publikasi desa saat ditemui di lokasi.

Baca Juga : Pencairan Dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) di Desa Bulangan Barat

Bidan desa menjelaskan berbagai manfaat dari tanaman toga, “banyak sekali manfaat toga ini, seperti daun alpukat dapat menurunkan tekanan darah tinggi apabila diminum secara rutin dan teratur, “tutur wanita yang akrab di sapa bidan kesayangan (Nora)

Intan selaku ketua kader toga siap meluncurkan beberapa produk andalan kader toga nantinya, “tunggu saja launching produk kami yang pasti akan membuat ketagihan, karena akan membuat daya tahan tubuh meningkat sehingga tidak mudah sakit”. Pungkasnya.

Reporter: Siti Noer Asiseh
Editor: Ardy Kholify Suhud

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *