Panitia BAZDES (Badan Amil Zakat Desa Bulangan Barat)

bulanganbarat.com – Kegiatan yang terbentuk sejak kepemimpinan H. Faisol yang rutin dilaksanakan setiap bulan Ramadhan salah satunya ialah dengan menyelenggarakan penyaluran zakat melalui panitia BAZDES (Badan Amil Zakat Desa Bulangan Barat). Hal itu dilakukan untuk mempermudah masyarakat yang ingin menunaikan zakat fitrahnya.

Masyarakat yang ingin berzakat akan dikawal oleh tim khusus yang sudah disiapkan di setiap dusun masing-masing, kemudian akan di bawa ke posko BAZDES, yaitu di kediaman kepala Desa Bulangan Barat.

Di posko juga disediakan panitia yang khusus menghukumi fitrah zakat atau bisa di lakukan sendiri oleh orang yang menunaikan zakat (muzaki).

Baca Juga : Memulai Hidup Sehat Melalui Pemanfaatan Toga (Tanaman Obat Keluarga)

Zakat dibagi dua, yakni zakat mal dan zakat fitrah. Zakat fitrah dilakukan pada bulan Ramadhan atau menjelang Idul Fitrih. Adapun zakat fitrah bisa berupa uang untuk membeli beras di posko atau bisa langsung membawa beras yang sudah ditentukan sebanyak 3 kg beras atau lebih dikenal dengan bahasa 1 “gantang” 3 kg/orang.

Setiap hari ke-27 bulan Ramadhan, maka panitia membagikan zakat fitrah yang di kemas dalam bentuk paket yang kemudian disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan, Minggu (9-5-2021)

Khozairi selaku ketua panitia Bazdes menjelaskan, jumlah zakat yang terkumpul pada tahun ini lumayan banyak, “zakat terkumpul sejumlah 200 gantang /600 kg dari target 500 gantang / 500 kg, tapi syukur alhamdulillah pak klebun memberikan bantuan sejumlah 300 gantang / 900 kg, bahkan masih ada tambahan berbagai kebutuhan pokok lainnya, seperti minyak goreng, kecap, bawang putih dan lainnya” ,Tuturnya

Baca Juga : Pencairan Dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) di Desa Bulangan Barat

Busadin selaku koordinator panitia lapangan merasa bersyukur mempunyai tim yang kompak dan semangat, “panitia selalu kompak dan semangat, mulai dari pengumpulan hingga penyaluran tidak kenal panas dan hujan, mereka tetap semangat “, Tuturnya

Lubeh salah satu peserta zakat merasa bersyukur dengan adanya posko Bazdes, ” Alhamdulillahirobbil’alamin sejak ada posko Bazdes saya menjadi mudah untuk menunaikan zakat”, Pungkasnya.

Reporter: Siti Noer Asiseh
Editor: Ardy Kholify Suhud

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *